Prospek Kerja System Analyst Tahun 2022

Prospek Kerja System Analyst Tahun 2022

Hallo coders! Apakah kamu pernah mendengar profesi System Analyst? Kalo belum tahu, tenang.. Mimin bakal bahas nih prospek kerja system analyst serta tugas dan juga skill yang dibutuhkan untuk menjadi seorang system analyst.

Jadi, System Analyst adalah sebuah profesi pada bidang teknologi informasi yang bertugas dalam merancang sistem yang akan dibuat oleh developer. Tugas system analyst sendiri juga takhanya merancang, melainkan juga melakukan analisis yang kuat terkait kebutuhan fitur dan trend agar rancangan sistem yang akan dibuat menjadi sangat maksimal dengan penuh pertimbangan.

Lalu apa saja yang perlu kita semua ketahui sebelum memutuskan untuk menjadi seorang system analyst? Nah langsung kita kupas lebih dalam dibawah ini ya.

Tugas System Analyst

Sebelum masuk ke pembahasan prospek kerja system analyst, kita harus paham dulu nih apa tugas dari system analyst sendiri. Seperti yang disinggung diawal, seorang system analyst merupakan salah satu profesi yang bergerak pada bidang teknologi informasi. Profesi ini dipakai di banyak startup dalam merancang sebuah sistem yang akan dipakai perusahaan tersebut. Selain itu berikut merupakan tugas dan peran dari system analyst.

  1. Menerjemahkan keinginan dari client atau stakeholder menjadi sebuah rancangan sistem yang detail dan jelas.
  2. Merancang sistem ke dalam bentuk dokumen atau sketch sebelum dikonversi menjadi tampilan UI/UX.
  3. Melakukan analisa dan riset terkait trend dan teknlogi yang akan diimplementasikan kedalam rancangan sistem.
  4. Membuat perancangan dengan menggunakan pemodelan tertentu seperti Unified Modeling Language (UML).
  5. Berkoordinasi dengan role-role yang terlibat dalam project pembuatan sistem seperti developer, UI/UX designer, project manager, dan lainnya.
  6. Melakukan studi kelayakan untuk sistem yang telah dibuat.

Skill yang Dibutuhkan

Setelah tahu nih kerjaan dari system analyst nagapain, selanjutnya sebelum membahas prospek kerja system analyst nih kita bahas dulu skill apa saja yang dibutuhkan untuk menjadi seorang System Analyst. Keterampilan tentunya sangat dibutuhkan untuk menjadi seorang system analyst. Takhanya keterampilan yang sifatnya teknis atau hardskill saja, tetapi dibutuhkan keterampila softskill. Berikut adalah skill yang dibutuhkan untuk menjadi system analyst.

Komunikasi

Kemampuan ini adalah kemampuan dasar yang harus dimiliki oleh seorang system analyst. Ketika system analyst menjalankan tugasnya, system analyst harus dapat menerjemahkan apa yang dimau oleh client atau stakeholder terkait untuk nantinya dikonversi menjadi detail dari rqancangan sistem yang nantinya juga bakal dikonversi menjadi aplikasi oleh para developer.

Selain itu komunikasi ini penting untuk dikuasai karena pada prosesnya tentunya seorang system analyst harus terus menjalin komunikasi dengan role-role yang terlibat selama project ini berjalan.

Kemampuan Riset

Menjadi seorang system analyst tentunya harus terus melakukan analisa dan riset. Riset terhadap teknologi terkini, riset terhadap trend dari fitur-fitur, serta riset kebutuhan yang memudahkan pengerjaan project. Riset ini tentunya dilakukan untuk membuat rancangan sistem yang lebih optimal dan memiliki user experience yang bagus. Riset sangat penting dilakukan untuk memberikan trobosan-trobosan, agar solusi yang ditawarkan tidak monoton.

Critical Thinking

Kemampuan ini tentunya kemampuan yang sangat diperlukan sekali ya untuk menjadi seorang system analyst. Sempat disinggung pada tugas dan peran seorang system analyst, salahsatu tugasnya yaitu menganalisa. Tentunya hal ini erat kaitannya dengan proses berfikir kritis. Seorang system analyst harus berfikir dengan logika dan perhitungan yang matang. Karena pada dasarnya system analyst dituntut untuk berfikir cepat dan tepat untuk menentukan keputusan dalam perancangan sistem.

Berfikir Kreatif dan Inovatif

Untuk menciptakan rancangan sistem yang optimal tentunya takhanya memperhatikan dari segi fungsionalnya saja. Tetapi harus memperhatikan trend dan tentunya harus menciptakan solusi yang lebih bagus dari sebelumnya. Dengan kemampuan kreatif, dia memiliki visi dan dapat menciptakan produk-produk unggulan, sedangkan kemampuan menyusun sistem kerja akan meningkatkan produktitas kerja keseluruhan perusahaan. 

Prospek Kerja System Analyst

Selanjutnya kita akan bahas mengenai prospek kerja system analyst. Melihat banyaknya perusahaan-perusahaan yang hampir semuanya mengikuti trend teknologi informasi, takrasa peluang untuk menjadi system analyst ini masih cukup terbuka lebar bagi kita semua. Banyak perusahaan yang membutuhkan system analyst dalam perancangan dan analisa dari sistem tertentu. Selain itu dari segi gaji pun masih terbilang sangat tinggi. Untuk rata-rata gaji system analyst yang dilansir oleh Indeed.com adalah 9,5 juta. Angka yang sangat fantastis kalau dibandingkan dengan it project manager, developer, ui/ux designer atau lainnya. Sehingga dapat disimpulkan bahwa prospek kerja system analyst sendiri masih sangat baik di indonesia.

Mungkin itu saja ya gaes mengenai Prospek Kerja System Analyst di tahun 2022. Semoga bermanfaat 🙂

Baca Juga : Anak IT Gaharus Ngoding! 5 Pekerjaan Tanpa Coding di Bidang IT Paling Populer

Share

Alfir Dausihaq

Seorang IT antusias yang tertarik menggeluti bidang web programming dan content creator. Dengan keterampilan dan pengetahuan yang saya miliki, saya ingin banyak berbagi dan sharing tentang seputar IT.

You may also like...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *