Pentingnya Personal Branding Bagi Developer

Hallo coders!

Pada artikel kali ini, mimin mau bahas tentang pentingnya personal branding, yang mana merupakan sesuatu hal yang menurut mimin penting banget nih buat kalian-kalian yang ingin atau sudah terjun sebagai developer. Apa itu Personal Branding? Personal Branding bisa diartikan hal atau kegiatan yang dilakukan untuk bertujuan mengenalkan diri lebih luas dan membentuk citra baik pada diri sendiri. Dengan Personal Branding, seseorang dapat menjangkau lebih banyak audience untuk nantinya dapat memuncul banyak manfaat. Yuk langsung kita bahas aja lebih lanjut ya teman-teman.

Baca Juga : Anak IT Gaharus Ngoding! 5 Pekerjaan Tanpa Coding di Bidang IT Paling Populer

Pentingnya Personal Branding Bagi Developer

Manfaat Personal Branding

Memperluas Relasi

Dengan Personal Branding tentunya kita dapat menjangkau lebih banyak audience. Dari hal tersebut, memungkinkan kita dapat bertemu dengan banyak orang untuk kemudian mendapatkan project, menjalin kerjasama, dan bahkan mendapatkan job atau paid promote. Hal ini tentunya memudahkan kamu dalam bekerja, karena secara tidak langsung kamu telah mendapatkan kepercayaan dari banyak orang di pekerjaanmu. Manfaat ini menunjukkan pentingnya personal branding.

Menambah Value

Pentingnya personal branding bagi developer selanjutnya adalah dengan Personal Branding, kita dapat menunjukkan kapasitas kita kepada banyak orang. Kita dapat berkarya dengan bebas dan tentunya bangga karena karya yang telah kita buat dapat dilihat banyak orang. Selain itu kita pastinya akan mendapat lebih banyak apresiasi dari banyak orang atas karya yang telah kita buat. Hal ini akan membuat kamu dikenal banyak orang karena skill dan kemampuanmu. Sehingga ketika orang membutuhkan sesuatu yang berhubungan tentang skillmu, mereka pasti akan mencarimu.

Memaksamu untuk Berkembang

Secara tidak sadar, semakin besar namamu semakin besar pula tanggungjawabmu. Hal ini tentunya akan membuat kamu mau tidak mau harus berkembang. Skill dan kemampuanmu harus ditingkatkan lagi, karena kamu semakin dikenal banyak orang yang mungkin saja lebih hebat dari kamu. Dalam berkembang tentunya kamu disarankan untuk tetap fokus dengan apa yang kamu kuasai. Asah terus apa yang menjadi kelebihanmu saat ini, sehingga kalau ibarat pedang yang terus diasah akan menjadi sangat tajam. Hal ini menunjukkan pentingnya personal branding bagi diri sendiri.

BACA JUGA : 3 Alasan Kenapa Fresh Graduate Susah Dapat Kerja

Cara Meningkatkan Personal Branding

Cara Meningkatkan Personal Branding

Bagikan Ilmumu

Setelah kita tahu nih pentingnya personal branding, selanjutnya untuk meningkatkan personal branding sendiri ada berbagai cara. Salah satunya bagikan ilmumu. Mimin analogikan kalian disini sudah punya satu skill ya. Memiliki skill disini tak hanya kamu tahu cara bikin web atau tahu caranya desain UI/UX saja. Tetapi kamu harus paham betul seluk beluk tentang topik yang kamu kuasai.

Maka dari itu, kamu perlu kepercayaan diri tingkat tinggi dan pengalaman yang banyak di bidangmu. Sehingga akan banyak hal yang bisa kamu bagikan kepada followers-mu tentang tips atau pengalaman yang kamu miliki. Kamu bisa menjadikan sosial media mu sebagai wadah untuk sharing dengan membuat konten atau sharing pengalaman pribadimu selama berkecimpung di bidangmu. Karena bisa kita sadari sosial media masih menjadi platform yang semakin ramai didatangi banyak orang. Selain itu kamu juga bisa menulis di blog pribadi atau di Medium.

Pajang Karyamu

Cara selanjutnya yang menununjukkan pentingnya personal branding adalah dengan memajang karya-karyamu yang telah kamu buat. Menjadi pusat perhatian banyak orang itu harus dibangun secara bertahap dan konsisten. Hal yang bisa kamu lakukan adalah dengan memperbanyak portofoliomu. Jika kamu seorang web developer, kamu bisa mempublish project aplikasi yang sudah kamu buat di github. Selain itu kamu bisa membuat website landing page yang berisi deskripsi, CV dan juga portofoliomu.

Berkolaborasi

Di era sekarang bukan lagi waktunya mengerjakan sesuatu itu dengan sendiri dan seakan-akan gaperlu bantuan oranglain. Dengan berkolaborasi kamu bisa mengingkatkan exposure dan kredibilitasmu. Bentuk kolaborasi ini sangat banyak macamnya. Bisa dengan kerjasama dalam membuat konten, mengisi di sebuah event kelas, dan lainnya. Tetapi pada intinya kamu ingin bermanfaat bagi banyak orang dengan sharing ilmumu secara langsung. Ketika kamu memiliki personal branding yang kuat, memungkinkan kamu diundang untuk mengisi acara di sebuah event. Memang hal ini akan memerlukan kepercayaan diri yang tinggi. Tetapi patut dicoba juga karena ini akan menambah portofolio dan pengalamanmu sehingga akan meningkatkan value pada diri kamu.

BACA JUGA : 4 Konsentrasi IT Selain Programming

Mungkin itu saja gaes yang bisa mimin sharing tentang Pentingnya Personal Branding Bagi Developer. Kalau kalian ada hal lain bisa share di kolom komentar yakk!!

Share

Alfir Dausihaq

Seorang IT antusias yang tertarik menggeluti bidang web programming dan content creator. Dengan keterampilan dan pengetahuan yang saya miliki, saya ingin banyak berbagi dan sharing tentang seputar IT.

You may also like...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *