6 Hal yang Perlu Dipelajari untuk Menjadi Front End Developer

Dalam pembuatan website selain membutuhkan seorang back end developer, juga dibutuhkan seorang untuk menjadi front end developer untuk membuat tampilan website kita menjadi lebih menarik untuk dilihat dan membuat website kita lebih interaktif untuk user dan juga memberikan gambaran untuk bagaimana tampilan website kita nantinya ketika sudah berjalan. Tugas utama seorang front end developer sendiri adalah gimana caranya dia mengatur dan memberikan sebuah tampilan untuk membuat user tertarik ketika membuka atau melihat website yang akan dikerjakannya. Seorang front end developer juga masih berkutat dibidang percodingan duniawi.

Peluang untuk menjadi front end developer sendiri pun dijaman sekarang yang semuanya serba digital semakin besar, dan juga sangat menjadi peluang untuk kalian yang ingin berkarir atau terjun pada bidang ini. Tentunya tidak mudah untuk menjadi seorang front end developer, banyak hal yang perlu dipelajari untuk menjadi front end developer. Kali ini mimin mau sharing nih tentang 5 hal yang perlu dipelajari untuk menjadi front end developer, atau orang sering bilang road map menjadi front end developer.

1. Paham tentang HTML

logo html

Untuk menjadi front end developer, pertama kali yang perlu kalian pelajari adalah HTML. HTML ini bisa diibaratkan sebagai tulang atau kerangka pada sebuah web. HTML bukan lah sebuah bahasa pemrograman, tetapi HTML adalah merupakan bahasa markah. Kenapa kok bukan merupakan bahasa pemrograman? Karna pada HTML, tidak mendukung untuk pengkodisian atau perulangan, karna HTML hanya digunakan untuk membuat web yang bersifat statis atau tidak ada proses pada halaman web tersebut.

2. Tau dan Paham tentang CSS

menjadi front end developer

Untuk menjadi front end developer, juga perlu tau dan paham bagaimana cara menggunakan CSS (Cascading Style Sheet). Kegunaan CSS ini adalah untuk mengatur beberapa komponen dalam sebuah web sehingga menjadi lebih terstruktur dan seragam. CSS simple nya adalah untuk mempercantik tampilan website kalian. Misalnya untuk merubah jenis huruf, warna huruf, ukuran, dan tata letak dari halaman website kalian. Dan ada framework CSS yang akan membantu kalian membangun website yaitu bootstrap. Bootstrap ini kerangka kerja CSS yang bersifat open source dan digunakan untuk kebutuhan pembuatan tampilan desain visual dari aplikasi web atau situs website. Kalian bisa kunjungi website resmi Bootstrap untuk melihat dokumentasinya, atau bisa klik disini

3. Mempelajari tentang Bahasa Javascript

6 Hal yang Perlu Dipelajari untuk Menjadi Front End Developer Dunia Coding

Javascript merupakan bahasa yang dibuat dengan tujuan untuk membuat website kalian lebih dinamis, dan menarik. Javascript ini penting untuk kalian pelajari karena ini merupakan salah satu modal untuk membuat website kalian menarik untuk dilihat karena dinamis itu, dan juga sebagai modal kalian mempelajari library atau framework untuk membuat sebuah website. Untuk menjadi front end developer menurut mimin perlu banget nih belajar javascript, menarik juga kelebihan yang ditawarkan oleh bahasa pemrograman satu ini. Yang mau lebih tau lebih detail keuntungan belajar javascript bisa pelajadi blog mimin ya.

BACA JUGA : Kenapa Harus Belajar Javascript? Programmer Wajib Tahu Ini!

4. Mempelajari library dan framework

6 Hal yang Perlu Dipelajari untuk Menjadi Front End Developer Dunia Coding

Library dan Framework merupakan salah satu hal yang dapat mempermudah kalian dalam membangun website kalian. Framework yang memudahkan pekerjaan kalian membuat membangun website adalah ReactJs dan Bootstrap. Framework ReactJS bertugas untuk menerjemahkan bahasa codingan kalian menggunakan javascript menjadi sebuah halaman yang akan ditampilkan di halaman web nantinya. Perlu diperhatikan juga, sebelum mempelajari tentang ReactJs, kalian juga diperlukan untuk mengetahui konsep dasar dari HTML, CSS, dan Javascript seperti yang sudah mimin jelaskan diatas. Selain ReactJs, masih banyak framework yang masih populer diantaranya VueJs, Angular, dan lainnya.

5. Mempelajari Design

6 Hal yang Perlu Dipelajari untuk Menjadi Front End Developer Dunia Coding

Selain 4 hal diatas, untuk menjadi front end developer juga perlu mempelajari tentang desain. Mempelajari tentang design adalah nilai tambahan. Karena nantinya berguna untuk retouch gambar, komponen grafik, illustrasi, desain interface, dan gambar untuk website kalian. Bahkan bisa aja loh front end developer pun membuat ui/ux untuk tim pengembangan nantinya. Jadi perlu juga masuk dikit paham tentang ui/ux.

6. Paham Tentang Web Security

6 Hal yang Perlu Dipelajari untuk Menjadi Front End Developer Dunia Coding

Ada lagi yang perlu diperhatikan sebagai front end developer adalah tentang kemanan aplikasi, atau disebut juga web security. Seorang front end developer juga perlu mempelajari web security untuk mengamankan aplikasi nya dari segala kejahatan yang akan menyerang sisi keamanannya itu sendiri.

BACA JUGA : 5 Referensi Belajar Web Programming Mudah Buat Pemula

Yup, itu dia 6 hal yang perlu kalian pelajari untuk menjadi seorang front end developer. Tentunya masih banyak hal yang perlu dipelajari seperti Rest API, responsive design, algoritma, dll. Jangan pernah berhenti belajar guys. Sampai jumpa di konten berikutnya…

Share

You may also like...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *