Anak IT Wajib Tahu, Inilah Cara Anak IT Dapat Duit Di Internet!

Anak IT Wajib Tahu, Inilah Cara Anak IT Dapat Duit Di Internet!

Di era digital yang terus berkembang ini, banyak sekali jalan yang bisa ditempuh untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Terlebih anak IT yang memang banyak bergelut di dunia digital dan tentunya lebih melek teknologi. Tapi taukah kamu gimana cara anak IT dapat duit dari gadgetnya? bahkan hanya dari rumah sekalipun.

Berikut adalah beberapa jalan yang banyak ditempuh anak IT untuk mendapatkan penghasilan tambahan.

Ngoding

Ngodin

Cara anak IT dapat duit yang pertama ini harusnya pasti sudah tahu ya. Ngoding merupakan kegiatan yang dilakukan dengan menulis code atau syntak yang bertujuan untuk memberikan perintah kepada komputer. Kegiatan ini biasa dilakukan oleh developer untuk mengembangankan sebuah sistem informasi atau aplikasi tertentu. Tetapi untuk menguasai skill tersebut memang dibutuhkan proses yang panjang dan tekat dan bulat. Karena pada prosesnya, seorang programmer akan sering menemukan bug dan error yang kadang membuat jengkel programmer itu sendiri.

Tetapi ketika kita sudah menguasai skill tersebut , kita akan sangat mudah mendapatkan pekerjaan atau penghasilan tambahan. Terlebih ketika kita sudah memiliki pengalaman yang portofolio yang banyak. Emang gimana min caranya?

BACA JUGA : 5 Tips Agar Kamu Mudah Belajar Ngoding

Kerja Remote

Cara anak IT dapat duit yang pertama adalah dengan cara bekerja. Tetapi kalau kamu masih kuliah atau tidak ada lowongan pekerjaan di sekitar tempat tinggalmu, ini bisa jadi opsi terbaik buat kamu. Dengan kerja remote selain kamu akan mendapatkan gaji tetap, kamu bisa bekerja dimanapun dan bahkan kapanpun. Apalagi di tengah keadaan pandemik seperti ini, sistem kerja remote memang sudah menjadi hal yang biasa dilakukan banyak perusahaan.

Mengerjakan Project Aplikasi

Cara anak IT dapat duit selanjutnya adalah cara yang banyak dilakukan oleh mahasiswa. Kamu bisa lakuin cara ini dengan tim yang kamu bentuk atau kamu juga bisa melakukannya sendiri alias single fighter. Untuk mendapatkan project, kamu bisa melakukan personal branding sehingga orang-orang datang ke kamu. Atau kamu juga bisa menawarkan jasa ke orang-orang di sekitarmu yang membutuhkan sistem informasi untuk memudahkan pekerjaannya. Memang cara ini sangat fleksibel dalam pengerjaannya karena tak membutuhkan jam kerja. Tetapi ribetnya sih cara dapet projectnya yang susah, harus pintar negosiasi dan pandai meyakinkan si calon client.

Ikut Lomba / Hackathon

Sebagai anak IT apalagi yang expert dibidangnya, ikut lomba bisa dijadikan ajang untuk menunjukkan kemampuan dan berprestasi. Selain itu ikut lomba juga menjadi salah satu parameter untuk menguji seberapa jauh kemampuan yang kamu miliki, dalam hal ini adalah skill ngoding. Dengan begitu kamu bisa terus berkembang dengan pengalaman yang terus bertambah. Benefit selanjutnya yang bisa kamu dapat selain hal tadi adalah uang. Ketika kamu berhasil menjadi yang terbaik, tentunya hal itu akan diimbangi dengan hadiah yang akan kamu dapat.

Menjadi Content Creator

jadi Content Creator

Menjadi Content Creator adalah bukanlah hal yang tidak mungkin bagi anak IT. Dengan ilmu, pengetahuan dan pengalaman yang kamu punya, kamu bisa membagikannya kepada orang lain. Kamu bisa membagikan kontenmu di instagram, blog ataupun di youtube. Banyak sekali referensi yang bisa jadi contoh, seperti Web Programming Unpas, Sekolah Koding, dan kawan-kawan yang berada di youtube. Serta untuk yang di instagram ada Inside Coding dan tentunya Dunia Coding. Selain kamu mendapatkan exposure yang membuat kamu makin banyak dikenal, jiSelain kamu mendapatkan exposure yang membuat kamu makin banyak dikenal, jika kamu beruntung kamu juga bisa mendapatkan penghasilan tambahan. Penghasilan tersebut bisa lewat Google Adsense, Sponsor dan Paid Promote. Dengan begitu ini akan menjawab pertanyaan bagaimana cara anak IT dapat duit ya gaes.

BACA JUGA : Mahasiwa IT Wajib Baca! Tips Kuliah IT Buat Persiapan Karirmu

Bermain di Dunia Digital Marketing

Bermain di Dunia Digital Marketing

Di era digital seperti ini, digital marketing menjadi ujung tombak. Bisnis apapun pasti akan membutuhkan bidang ini ketika ingin menjangkau pasar yang lebih luas. Tetapi point yang ingin mimin sampaikan ialah ketika kamu akan mulai berbisnis entah itu jasa pembuatan web, menjadi content creator, jualan produk, dan lainnya sangat mimin sarankan belajar juga tentang digital marketing. Dengan digital marketing kamu bisa menjangkau audience yang lebih luas, sehingga produk atau jasanya akan memiliki peluang lebih besar berhasil di pasar. Untuk lebih tau pentingya belajar Digital Marketing, mimin juga sudah buatkan artikel Anak IT Gaharus Ngoding! 5 Pekerjaan Tanpa Coding di Bidang IT Paling Populer.

Di dunia digital marketing selain kamu bisa menjual jasa atau produkmu sendiri, kamu juga bisa mendapatkan penghasilan dengan menjadi Affiliate Marketer. Untuk simplenya tentang affilate marketing itu kamu membantu orang lain menjual jasa atau produknya, dan setiap ada yang terjual melalui referalmu maka kamu secara otomatis mendapat bagian dari penjualan tersebut.

Okeyy gaes, itu adalah beberapa cara anak IT dapat duit yang sudah dijalankan banyak orang. Menurut kalian, selain yang diatas ada apa lagi ya? Tulis di kolom komentar ya.

Share

Alfir Dausihaq

Seorang IT antusias yang tertarik menggeluti bidang web programming dan content creator. Dengan keterampilan dan pengetahuan yang saya miliki, saya ingin banyak berbagi dan sharing tentang seputar IT.

You may also like...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *